Analisa SWOT bagi pengusaha pemula



Dalam berwirausaha, faktor mental dan pola pikir menjadi faktor utama dalam mengembangkan bisnis. Ini berhubungan dengan sumberdaya manusia dalam mengenali dirinya sendiri. Salah satu yang bisa digunakan dalam pengembangan bisnis adalah menggunakan analisis SWOT. Analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunities, Threats) merupakan bagian penting saat mengurus kegiatan berbisnis. Hal ini karena salah satu fungsi dari analisis ini dapat mengetahui kekuatan dan kelemahan posisi usaha.

Penggunaan analisis SWOT akan mampu menganalisis karakteristik usaha dan lingkungan yang mungkin saja akan sangat berpengaruh dalam pengambilan kebijakan-kebijakan dalam usaha Anda. Analisis SWOT selain untuk menganalisis kekuatan dan kelemahan usaha, juga menganalisis kekuatan dan kelemahan pesaing usaha Anda. Apa saja SWOT itu? Berikut ini penjelasannya.

1. Strength (Kekuatan) Dengan mengetahui kekuatan, Anda seharusnya mampu meningkatkan lebih baik lagi kekuatan usaha Anda, mungkin saja dengan membuat cirri khas dari usaha anda yang akan membuat usaha Anda dapat dibedakan dengan usaha sejenis yang sudah mulai tumbuh.

 2. Weakness (Kelemahan) Faktor ini sebaiknya dianalisis dengan baik dan perlu dipikirkan bagaimana caranya untuk dikurangi atau syukur-syukur bisa diatasi lebih tuntas sehingga posisi usaha Anda aman dari pesaing.

3. Opportunities (Peluang) Tentu banyak peluang-peluang atau kesempatan yang bisa anda kembangkan dalam usaha anda, baik mengembangkan lebih banyak produk ataupun mengekspansi ke pasar yang lebih luas. Juga mungkin adanya peluang dengan hadirnya teknologi-teknologi yang lebih membuat usaha anda makin maju dari sebelumnya.

4. Threats (Ancaman) Faktor ini juga perlu Anda perhatikan dalam pengembangan usaha Anda. Salah-salah malah bisa membuat usaha Anda gulung tikar. Seperti adanya inflasi ekonomi, kebijakan ekonomi pemerintah yang berkaitan dengan ekonomi seperti pajak, tarif bea masuk, juga mungkin dengan adanya perubahan selera konsumen yang sudah sangat jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

0 Response to "Analisa SWOT bagi pengusaha pemula"

Posting Komentar

Penting.. Mohon diperhatikan..!!!
- Silahkan berkomentar sesuai topik.
- Berkomentarlah dengan penuh etika tanpa menyinggung orang lain
- Dilarang keras menyisipkan link aktif maupun tidak aktif, jika ditemukan maka akan segera kami hapus.
- Gunakan open ID untuk memasukkan link.
- Beritahukan kami jika Anda menemukan link yang rusak.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *