Mengenal Usaha Franchise / Waralaba


Usaha franchise atau usaha waralaba adalah bentuk usaha dengan menggunakan merek dagang orang lain, dimana merek dagang tersebut sudah terkenal luas dimasyarakat. Usaha franchise seperti seni, karena berbeda dengan usaha lainnya, usaha franchise memerlukan kekuatan hubungan yang kuat antara franchisor (pemilik merek) dan franchisee (penyewa atau pembeli merek).
    Berdasarkan peraturan pemerintah Ri nomor 42 tahun 2007 tentang waralaba, franchise atau waralaba adalah hak khusus yang dimiliki oleh orang perseorangan atau badan usaha dalam rangka memasarkan barang dan / atau jasa yang telah terbukti berhasil dan dapat dimanfaatkan dan / atau digunakan oleh pihak lain berdasarkan perjanjian waralaba.

   Menurut International Franchise Association (IFA), terdapat dua tipe franchise, yaitu tipe distribusi produk dan tipe format bisnis.

1. Tipe Distribusi Produk

Dalam franchise distribusi produk, franchisor memberikan merek dagangannya tetapi tidak memberikan seluruh sistemnya dalam usaha. yang termasuk dalam tipe ini adalah, usaha pompa bensin, dealer kendaraan bermotor (Toyota, Suzuki, Honda), dan usaha minuman

2. Tipe Format Bisnis

Usaha inilah yang dimaksud franchisor memberikan seluruh kegiatan usahanya, mulai dari merek, metode usaha, proses usaha, produk, dan pelayanan. Seluruh sistem diberikan dengan pelatihan dan diduplikasikan kepada franchisee. Franchise tipe ini biasanya adalah franchise retail makanan dan minuman, restoran, percetaakan, pendidikan, salon, apotek, dan usaha retail lainnya.

Sedangkan franchise dapat dibedakan dua tipe yaitu :

1. Tipe Single Unit

Anda sebagai franchisee hanya dioerbolehkan untuk membuka usaha di satu lokasi saja.

2. Tipe Multi Unit

Franchise diberikan konsesi membuka gerai lebih dari satu wilayah, dapat sebagai area franchisee atau master franchisee. Kedua tipe ini dibedakan atas kewenangan untuk men-subfranchiseikan usaha tersebut, seorang yang telah mendapat master franchise dapat men-sub-kan usaha franchise kepada orang lain di wilayah tertentu, sedangkan franchise tidak dapat men-sub-kan usaha franchise tersebut kepada orang lain

Pustaka: andri vb, jurus sukses 100% franchise pasti untung, Grasindo, 2013, Indonesia

http://amanibookstore.com

0 Response to "Mengenal Usaha Franchise / Waralaba"

Posting Komentar

Penting.. Mohon diperhatikan..!!!
- Silahkan berkomentar sesuai topik.
- Berkomentarlah dengan penuh etika tanpa menyinggung orang lain
- Dilarang keras menyisipkan link aktif maupun tidak aktif, jika ditemukan maka akan segera kami hapus.
- Gunakan open ID untuk memasukkan link.
- Beritahukan kami jika Anda menemukan link yang rusak.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *