Peluang Usaha disekitar Kampus bagi Pengusaha Pemula

Perkembangan dunia pendidikan di Indonesia mengalami perkembangan yang signifikan. Salah satunya ditandai dengan banyaknya perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta, yang mulai berdiri dimana-mana. Kita ambil contoh Makassar sebagai pusat pendidikan di Indonesia Timur. Di Kota Daeng ini banyak berdiri kampus-kampus dimana para mahasiswanya berasal dari berbagai daerah. Sesuai hukum "dimana ada gula, di sana ada semut", maka peluang usaha di sekitaran kampus kian menjanjikan. Tingkat persaingan pun semakin kuat. Nah, jika di wilayah Anda ada kampus, peluang mendirikan usaha di sekitar lokasi kampus bisa Anda jalankan. Apa saja itu?

1. Mendirikan Tempat Kos-kosan

Ini merupakan fasilitas wajib bagi para penghuni kampus alias mahasiswa. Kuliah beberapa tahun tentunya memerlukan tempat tinggal yang layak untuk mendukung jalannya studi mereka. Anda bisa memanfaatkan rumah tinggal untuk dijadikan tempat kos. Salah satunya dengan menyediakan kamar-kamar yang telah disesuaikan untuk tempat kosan. Segmentasi juga penting. Ini menyangkut tarif yang akan dikenakan pada kaum mahasiswa tersebut. Anda bisa menyediakan tempat kosan yang standar dengan fasilitas kamar mandi, tempat tidur, dan lemari. Atau juga menyediakan tempat kosan yang bernilai lebih, misalnya dengan dipasangnya WiFi, kamar mandi di setiap kamar, plus jasa laundry untuk para penghuni kos. 

Untuk penjaga kosan bisa Anda sendiri, saudara, atau memperkerjakan orang lain. Ingatlah, reputasi kosan akan menjadi nilai tersendiri. Dalam hal ini, menyangkut masalah kebersihan, keamananan, juga ketertiban tempat kosan. Jangan sampai bangunan kosan terkesan kumuh atau menyeramkan untuk dihuni. Ingat, mahasiswa yang ngekos tidak hanya sebulan-dua bulan tinggal di sana. Akan lebih baik jika membentuk pola hubungan keluarga dengan anak kosan. Misalnya, keluarga mereka tidak khawatir jika Anda bisa menjalin komunikasi dengan keluarga mereka. Di sinilah peran kosan bisa sebagai "tempat penitipan" bagi keluarga sang mahasiswa. Aturan-aturan yang tidak terlalu mengikat pun bisa Anda berlakukan, misalnya dengan ada jam malam. Maklum saja, mahasiswa tidak sedikit yang senang kumpul bareng atau nongkrong bersama. 

Bisnis kosan memang sangat menggiurkan jika dikelola dengan baik. Anda bisa melakukan renovasi tempat kosan, untuk perbaikan bahan bangunan atau juga menambah kamar-kamar kosan. Ini bisa bekerja sama dengan bank. Anda bisa mengajukan kredit permodalan untuk mendirikan kosan. Tentunya pula, jangan lupakan masalah izin dari instansi daerah setempat dan juga pajak yang harus disetor kepada pihak pemerintah. 

2. Usaha Tempat Makanan

Masalah makanan tentu menjadi bagian utama bagi para mahasiswa. Anda bisa mendirikan warung makan di tempat kosan atau juga secara mandiri. Prinsip mahasiswa "makan murah meriah dengan menu yang layak" bisa dijadikan patokan. Mungkin Anda bisa menjual makanan dengan untung yang tidak terlalu tinggi, namun dengan kuantitas pembelian yang banyak. Ini bisa Anda aplikasikan dengan mendirikan warteg atau juga cafe. Ingat! pedoman "harga mahasiswa" sangat diperlukan untuk menunjang keberlangungan usaha kuliner ini. Masalah harga sangat sensitif bagi para mahasiswa. Maklum saja mereka kan masih bergantung pada kiriman biaya tiap bulan dari orang tua mereka. Jadi, mereka harus bisa menyesuaikan budget pengeluaran, termasuk untuk makan. 

3. Layanan Multimedia, Percetakan, dan Penunjang Perkuliahan

Usaha yang berhubungan dengan hal ini misalnya tempat jasa fotokopi, print, penjilidan, laminating, rental komputer, ataupun warung internet. Ini usaha yang terus akan berlangsung selama mahasiswa ada. Walaupun mungkin fasilitas WiFi atau hotspot sudah tersedia di kampus-kampus, namun tidak semua mahasiswa mempunyai laptop. Mereka tetap memerlukan media untuk mengetik, mencetak/print tugas, atau mencari referensi di internet. Untuk penyediaan infrastruktur rasanya di zaman sekarang tidaklah terlalu sulit. Harga komputer semakin murah juga paket layanan internet dari provider semakin terjangkau. 

4. Usaha Laundry

Tidak jarang mahasiswa yang malas untuk mencuci pakaian sendiri. Mereka kebanyakan tahu beres, layaknya mereka di rumah sendiri. Peluang untuk mendirikan tempat pencucian pakaian alias laundry sangat terbuka. Anda bisa mendirikan tempat usaha laundry di sekitaran kampus dengan harga yang terjangkau oleh kantong mahasiswa. Misalnya dengan mengadakan paket laundry sistem kiloan.

5. Buka Toko

Toko yang Anda dirikan bisa berupa penyediaan kebutuhan sehari-hari mahasiswa. Misalnya, perlengkapan untuk di kamar: kasur busa, sprei, dispenser air, sapu, dsb. Atau pula Anda menyediakan ragam kebutuhan kuliah/stationery: buku, loose leaf, ballpoint, dsb. Anda juga bisa mendirikan toko busana yang menyediakan aneka kebutuhan sandang untuk mahasiswa, seperti T Shirt, kemeja, pakaian wanita, sweater, jilbab/pakaian muslimah, dsb. Toko sandang ini bisa berupa distro atau toko biasa. 

Menyangkut usaha ini, Anda bisa juga mendirikan counter pulsa dimana kebutuhan mahasiswa terhadap pulsa termasuk yang tinggi. Mereka sedang masanya intens berkomunikasi dengan teman-teman atau keluarganya. Anda juga bisa mendirikan jasa pengiriman paket. Hal ini didasari tidak sedikit mahasiswa di zaman internet ini yang banyak menjalankan usaha jualan online. Atau juga mereka memanfaatkan pengiriman paket/ekspedisi untuk mengirimkan barang-barang di tempat kosannya saat mereka kelar kuliah.

6. Sewa Mobil Angkutan Barang

Usaha ini dilakukan dengan melihat potensi tempat kosan. Biasanya ada mahasiswa yang pindah kosan memerlukan mobil angkuta barang, model colt bak. Ini bisa menjadi salah satu peluang. 

Dari beberapa peluang usaha di tempat kosan tersebut, mungkin bisa Anda tambahkan yang lainnya. Hal yang penting dicatat adalah adanya musim ramai dan musim sepi. Musim ramai biasanya pada saat tahun ajaran baru. Banyak mahasiswa yang ingin mencari kosan. Anda bisa berpromosi dengan intens pada masa-masa Ospek ini. Begitu pula tempat kuliner biasanya diburu mahasiswa saat menjalani masa perkuliahan. Adapun masa sepi kegiatan mahasiswa adalah waktu bulan Ramadhan menjelang lebaran dan juga masa libur panjang saat bergantinya tahun ajaran (tengah tahun). 

0 Response to "Peluang Usaha disekitar Kampus bagi Pengusaha Pemula"

Posting Komentar

Penting.. Mohon diperhatikan..!!!
- Silahkan berkomentar sesuai topik.
- Berkomentarlah dengan penuh etika tanpa menyinggung orang lain
- Dilarang keras menyisipkan link aktif maupun tidak aktif, jika ditemukan maka akan segera kami hapus.
- Gunakan open ID untuk memasukkan link.
- Beritahukan kami jika Anda menemukan link yang rusak.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *