Pengertian Affiliate Marketing beserta Proses Kerjanya



Affiliate Marketing merupakan salah satu model Bisnis Internet yang cukup populer. Banyak para Internet Marketing Guru menyarankan bagi pemula untuk terjun di dunia Afiliate Marketing, dengan alasan lebih mudah dilakukan dan cepat menghasilkan dibanding dengan model bisnis Internet lainnya.

Mengenai definisinya, Affiliate Marketing adalah sebuah proses pemasaran di Internet untuk menjualkan produk-produk milik orang lain. Dan nantinya apabila terjadi penjualan dari usaha marketing tersebut maka affiliate marketer tersebut(orang yang menjalankan bisnis affiliate) akan mendapatkan komisi yang besarnya biasanya ditentukan oleh pemilik produk/merchant.

Definisi sederhananya, Affiliate Marketing adalah sebuah teknik pemasaran dimana Anda membantu menjual produk orang lain secara online.

Sistem Affiliate Marketing pertama kali ditemukan pada tahun 1994. Amazon adalah salah satu perusahaan pertama yang mempopulerkan Affiliate Marketing sebagai salah satu teknik pemasaran yang memanfaatkan jaringan internet yang terbilang baru pada saat itu. Masyarakat menyambut baik teknik ini dan akhirnya membatu melejitkan bisnis Amazon hingga seperti yang kita kenal sekarang.

Affiliate Marketing pun berkembang dengan pesat setelahnya. Kini produk yang dijual dengan menggunakan teknik Affiliate Marketing semakin beragam. Dari mulai produk digital seperti eBook atau tiket online, hingga buku dan peralatan elektronik.

Laporan dari Marketing Sherpa pada tahun 2006 nilai yang dihasilkan dari Affiliate Marketer dari seluruh dunia dari berbagai jenis transaksi adalah senilai: US$ 6.5milyar (setara Rp. 65triliun.)


Bagaimana Affiliate Marketing Bekerja?

Pada dasarnya ada 3 pihak terlibat didalam skema Affiliate Marketing yang umum akan Anda jumpai secara online. Ketiga pihak tersebut adalah:


1. Producer

Producer adalah pihak yang memproduksi barang yang akan dijual oleh Affiliate Marketer nantinya. Producer bisa siapa saja dari mulai produsen gadget sekelas Samsung, hingga penulis amatir yang baru saja mempublikasikan eBook-nya untuk pertama kali. Agar Affiliate Marketer mau menjual produk milik Producer maka Producer harus membagi keuntungan dari setiap penjualan yang terjadi kepada Affiliate Marketer.


2. Affiliate Marketer/ Publisher

Affiliate Marketer adalah orang-orang yang akan membantu menjual produk dari Producer. Affiliate Marketer menggunakan berbagai macam teknik pemasaran online untuk mendatangkan pengunjung dan meningkatkan penjualan. Teknik tersebut bisa saja memanfaatkan SEO, Iklan, Social Media, Email Marketing, dan lain-lain. Affiliate Marketer akan mendapatkan komisi untuk setiap penjualan, klik atau leads


3. Affiliate Network

Affiliate Network adalah tempat bertemunya Producer dan Affiliate Markater, karenanya Affiliate Network sering juga disebut dengan marketplace. Affiliate Network adalah pihak yang memiliki teknologi dan sistem yang memungkinkan Affiliate Marketer untuk menjual barang-barang dari Producer. Affiliate Network adalah pihak yang akan memberikan komisi dari hasil penjualan kepada Affiliate marketer dan Producer setiap kali ada penjualan.

Proses Affiliate Marketing

Proses yang umum terjadi dalam sistem Affiliate Marketing adalah sebagai berikut:

  1. Producer membuat kesepakatan dengan Affiliate Network untuk menjual produk hasil buatannya.
  2. Jika kesepakatan tercapai maka Affiliate Network akan menjadi saluran dsitribusi (channel distribution) untuk produk yang diberikan oleh producer.
  3. Producer dan Affiliate Marketer menentukan model Affiliate Marketing yang akan mereka gunakan. Apakah Pay Per Sales, Pay Per Leads, atau Pay Per Click.
  4. Producer dan Affiliate Network (bisa juga hanya salah satunya) menentukan besaran yang akan diterima oleh Affiliate Marketer.
  5. Affiliate Network akan memberikan link menuju produk milik sang Producer serta seluruh fasilistas dan teknologi yang dibutuhkan oleh Affiliate Marketer untuk mempromosikan produk milik sang Producer.
  6. Setelah Affiliate Marketer menentukan produk mana yang akan ia jual, ia lalu mempromosikannya melalui berbagai macam saluran pemasaran yang ia miliki. Bisa berupa website/ blog, iklan, social media, dan jalur lainnya.
  7. Affiliate Network akan memberikan komisi kepada Affiliate Marketer dan keuntungan kepada Producer secara rutin dalam periode waktu tertentu selama kerjasama antara Producer dan Affiliate Network masih berjalan atau selama produk tersebut masih dijual.
  8. Affiliate Network bisa memutuskan sepihak kerjasama dengan Affiliate Marketer jika terbukti menyalahi aturan yang ada seperti melakukan SPAM, penipuan, dan lain-lain.

Ada juga jenis Affiliate Marketing dimana Producer langsung membuat sistem Affiliate Marketing-nya sendiri, tanpa perantara Affiliate Network, namun prosesnya mirip dengan yang diatas.


0 Response to "Pengertian Affiliate Marketing beserta Proses Kerjanya"

Posting Komentar

Penting.. Mohon diperhatikan..!!!
- Silahkan berkomentar sesuai topik.
- Berkomentarlah dengan penuh etika tanpa menyinggung orang lain
- Dilarang keras menyisipkan link aktif maupun tidak aktif, jika ditemukan maka akan segera kami hapus.
- Gunakan open ID untuk memasukkan link.
- Beritahukan kami jika Anda menemukan link yang rusak.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *