Tipe - tipe Usaha Franchise



Menurut International Franchise Association Terdapat 2 tipe franchise, yaitu tipe distribusi produk dan tipe format bisnis.

1. Tipe Distribusi Produk
Dalam franchise distribusi produk, franchisor memberikan merek dagangnya tapi tidak memberikan seluruh sistemnya dalam usaha. Usaha yang termasuk usaha ini adalah, usaha pompa bensin, dialer kendaraan bermotor (Toyota, Suzuki, Honda), Dan usaha minuman.

2. Tipe Format Bisnis
Usaha tipe format bisnis, yaitu franchisor memberikan seluruh kegiatan usahanya, mulai dari merek, metode usaha, proses usaha, produk dan pelayanan. Seluruh sistem diberikan dengan pelatihan diduplikasikan kepada franchisee. Franchise tipe ini biasanya adalah Franchise retail makanan dan minuman, restoran, percetakan, pendidikan, salon, apotek, dan usaha retail lainnya.

Sedangkan franchise dapat dibedakan atas dua tipe, yaitu :

1. Tipe Single Unit
Anda sebagai franchisee hanya diperbolehkan untuk membuka usaha di satu lokasi saja.

2. TIpe Multi Unit
Franchisee diberikan konsesi untuk membuka gerai lebih dari satu lokasi di satu wilayah, dapat sebagai area franchisee dan master franchisee. Kedua tipe ini dibedakan atas kewenangan untuk men-subfranchise-kan usaha tersebut, seorang yang telah mendapat master franchise dapat men-sub-kan usaha franchise tersebut kepada orang lain di wilayah tertentu, sedangkan area franchise tidak dapat men-sub-kan usaha franchise tersebut kepada orang lain.

0 Response to "Tipe - tipe Usaha Franchise"

Posting Komentar

Penting.. Mohon diperhatikan..!!!
- Silahkan berkomentar sesuai topik.
- Berkomentarlah dengan penuh etika tanpa menyinggung orang lain
- Dilarang keras menyisipkan link aktif maupun tidak aktif, jika ditemukan maka akan segera kami hapus.
- Gunakan open ID untuk memasukkan link.
- Beritahukan kami jika Anda menemukan link yang rusak.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *